Tuesday, January 22, 2019

Indahnya Berbagi Semangat Kebaikan (Part 2) - Awal Kontribusi

Berbicara mengenai mentor di fakultas, semenjak semester 2 gua jadi punya role model di perkuliahan. Semangat juang yang tinggi dalam kebaikan, manajemen waktu yang baik, dan adab yang baik merupakan sebagian hal yang dapat gua pelajari dari beliau. Yaa meskipun umur kami hanya terpaut 3-4 tahun, tapi terlihat jauh mengenai kualitas diri yang kami miliki. Yang paling gua inget dari perkataan beliau bahwa kita tuh gaboleh ada waktu kosong, hanya 2 yang kita dapet kalo ada waktu kosong yaitu kesia-siaan dan yang paling parah kemaksiatan. Na'udzubillah...

Setelah gua pikir-pikir mengenai pernyataan tersebut, berdasarkan pengalaman memang betul banget hal itu terkadang bahkan selalu terjadi dimana setiap gua ada waktu kosong, gua jadi bingung mau ngapain yaa paling" main game itupun kalo kelamaan bakal pusing hehe Gua pun berupaya gimana caranya agar gua gak ada waktu kosong minimal gua kumpul sama temen-temen deket, diskusi santai sambil ngopi beneran(gak boongan) hehe setidaknya gua ada aktivitas positif setiap hari. Waktu memang berlalu begitu cepat, tapi kita harus tau bagaimana caranya kita memanfaatkan waktu yang cepat itu dengan aktivitas yang positif.

Di semester 2, gua memutuskan untuk gabung di KAIFA FIA UI 2017 (Keluarga Islam Fakultas Ilmu Administrasi) supaya apa? Yaa untuk menjaga ruhiyah(ibadah, hubungan dengan Allah Swt) dan mendapatkan wadah setidaknya untuk bermanfaat, menyebarkan semangat kebaikan minimal di fakultas sendiri. Gua ikut open reqruitment nya dan daftar menjadi staf MSDM(Manajemen Sumber Daya Manusia) karena memang basic dan minat gua semenjak SMA ada di ranah itu. Singkat kata, Alhamdulillah gua diterima.

Semenjak gua diterima, gua disambut hangat oleh Kabiro & Wakabiro nya. Sebut saja namanya Kak Iffa dan Kak Nina. Mereka menjadikan gua layaknya adik yang musti dibimbing dengan sebaik-baiknya. Alhasil, gua pun jadi semangat nerima amanah yang diberikan oleh mereka karena mereka juga tidak terlalu membebani adik" staf nya dengan program kerja MSDM. Dalam prosesnya, gak mudah untuk membentuk tim yang solid di internal MSDM tapi itu menjadi tantangan tersendiri sih karena tugasnya MSDM yaa menjaga kondusifitas internal organisasi, menjadi orang" terbawel di grup bahkan kalo lagi tatap muka, dan menjadi sahabat" tiap department yang ada di KAIFA.

Singkat cerita, fungsionaris MSDM pun dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik sampai akhir kepengurusan. Yang gua dapet pun banyak dari biro ini antara lain pengalaman yang luar biasa, menambah pertemanan bahkan menjadi keluarga kedua setelah yang di rumah hehe, dan tentunya ilmu yang gua dapet mengenai manajemen organisasi bahkan manajemen diri. Semenjak itu, gua pun meyakini bahwa organisasi yang baik dan berhasil dapat dikarenakan internal organisasi yang solid.

Bersambung...

0 comments:

Post a Comment